REVIEW: DmC, OK, Saya Mengaku Salah!

Sebelumnya, para gamer dengan budget pas-pasan kayak saya, harus berterima kasih akan adanya Humble Bundle. Dengan adanya Humble Bundle, kita bisa menikmati game (juga software) orisinal dengan harga luar biasa terjangkau. Meskipun, mereka menawarkannya secara random, tapi jangan meremehkan apa saja yang mereka tawarkan. Tak jarang mereka menawarkan game AAA untuk kita miliki secara terjangkau, bahkan gratis tis!

Kembali 1-2 tahun lalu, saya mendapatkan newsletter dari Humble Bundle yang berisikan tawaran game-game Capcom, yang salah satunya berisi game AAA, DmC: Devil May Cry. Langsung saya ambil, karena waktu itu saya mengincar game AAA lainnya, Strider (2014). Setelah sekian tahun bersemayam dalam library saya, akhirnya saya berkesempatan memainkan DmC pada akhir tahun kemarin (lumayan, untuk mengisi libur akhir tahun hehe….).

dmc-devil-may-cry-dante-white-hair-unlocking-guide
desain awalnya mengecewakan!

Mengulas sekilas first impression saya…..

Itu yang saya rasakan setelah menyelami game DmC selama beberapa jam. Ya….saya merasa salah telah menilai buruk DmC. Mengingat sekitar tahun 2015 saya sempat mengincip game DmC di rental PS3, dan saya cukup terkesan, tapi tidak begitu menilai tinggi game ini. Semua karena perbedaan yang belum bisa saya (dan banyak fans lain) terima akan perubahan mencolok pada seri DMC (meski sudah dijelaskan, DmC yang ini versi reboot). Untuk review awal, silahkan cari di database blog saya.

OK, seri DmC ini menawarkan desain karakter yang “merusak” citra seri DMC selama ini. Apalagi saat melihat trailer awal, yang memperlihatkan desain karakter utama, Dante, yang jauh dari image Dante selama ini. Dante yang cool, lucu, , memiliki selera fashion yang keren, ceplas ceplos dan elegan, berganti dengan Dante yang amburadul, wajah suram, perokok pula! Hal yang tidak disukai Hideki Kamiya, sang pencipta DMC original, yang mengatakan bahwa Dante, “terlalu keren untuk merokok”.

5700966-dante
Lihat perbedaan Dante versi orisinal dan reboot. Yah….setidaknya mereka merubah desain Dante ver DmC setelah menerima amukan fans pada desain awal Dante DmC

Well….. Team Ninja sang developer sudah mau mendengar dan menuruti gelombang protes para fans, dan mereka memperbaiki desain Dante menjadi lebih “bersih” dari sebelumnya. Sebagai salah seorang fans DMC, saya merasa kecewa, sangat kecewa……

Ada game DmC orisinal diskon murah nih, bisa didapatkan disini

Jujur, saya salah….

Ya, saya akui, saya membuat kesalahan dengan merendahkan game ini dan usaha dari Team Ninja, dengan tidak memberikan porsi bermain yang layak sebelumnya. Ternyata Team Ninja berhasil membuat game ini layak masuk dalam golongan game AAA. Apa sajakah itu? Ini dia……

  • Gameplay yang luar biasa!
    Memainkan DmC seperti bermain menggunakan Dante dan Nero dari DMC4, sebagai satu orang! Di DMC, kita mengenal Dante sebagai karakter dengan skill mumpuni dalam memakai beragam senjata, baik melee (close combat) maupun range (pistol). Sedang Nero, memang tidak mempunyai pilihan senjata seperti Dante, tapi dia punya kemampuan Devil Arm yang sangat unik dan memberikan gameplay berbeda dari Dante. Dengan Devil Arm, Nero bisa menarik, memukul, melempar musuhnya (sangat bermanfaat mengatur jarak dengan musuh).Di DmC, Dante bisa menggunakan beberapa senjata (3 pistol dan 3 melee), sambil kemampuan mengatur jarak layaknya Nero. Dengan Angel weapon kita bisa mendatangi musuh yang jauh, dengan Devil weapon kita bisa menarik musuh ke kita (mirip Devil Arms Nero di DMC4).

    Tantangan yang diberikan juga menarik dan cukup adiktif. Mulai dari beragam variasi musuh yang membutuhkan pendekatan berbeda (apalagi kalau sedang dikeroyok beragam varian musuh). Di DmC ini tantangan akan platform juga mendapatkan porsi yang lebih besar dari DMC4. Hal ini wajar, mengingat kemampuan Dante yang bisa menarik diri atau obyek tertentu, menjadikan porsi paltform haruslah cukup banyak biar terasa skillnya bermanfaat (bukan cuma di battle).

  • Tema cerita yang cukup unik dan berbeda
    Karena DmC ini adalah versi reboot, maka wajar jika mengusung semesta yang berbeda dengan DMC orisinil. Yang membedakan dalam hal cerita adalah, di DmC ini ceritanya lebih “dekat dengan dunia nyata”. Disini disebutkan bagaimana sang boss besar (Mundus) berusaha menguasai dunia dengan beragam cara yang sepertinya juga terjadi di dunia nyata. Hal itu antara lain melalui propaganda media massa, mengendalikan manusia melalui minuman, unsur politik dsj. Keren dah tema ceritanya!

Nah, dua hal tersebut adalah hal yang paling menjadikan DmC ini menarik. Tentu saja, faktor lain seperti grafis, music, sound dsj juga termasuk bagus dan saling menyatu satu sama lain. Buat kamu yang suka tantangan lebih, seperti biasa, di DmC ini juga menyediakan fitur “New Game+” yang menyajikan tantangan lebih berat. Di versi ini, kamu juga akan menemukan banyak humor dan celotehan khas Dante, tentu dengan taste yang berbeda. Berbeda disini, dalam hal gaya humor yang berbeda antara humor gaya Jepang (DMC orisinil) dan gaya Barat (DmC). Durasi permainan juga lumayan, saya sendiri butuh 15 jam untuk menamatkannya pertama kali.

Hanya satu kesalahan….

Pendapat saya pada game ini tetap sama dengan review pertama saya sekian tahun yang lalu. Kesalahannya cuma karena satu hal: Menggunakan judul Devil May Cry, sudah, itu saja! Andai game ini dirilis menggunakan judul tersendiri, tentu akan lebih bisa diterima para fans. Jadi, saran saya bagi kamu yang ingin memainkan game ini dan sudah mengenal DMC orisinal cuma satu: “Lupakan apa yang kamu ketahui dari DMC”. Anggaplah ini adalah game baru dan tak ada sangkut pautnya dengan game apapun. Dengan begitu, kamu akan lebih bisa menikmati memainkan game ini (tidak berlaku kalau kamu tidak tahu sama sekali tentang DMC).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Up ↑

%d bloggers like this: