REVIEW: Emak Emak Jago Jualan, Layak Baca!

Beberapa waktu lalu, salah seorang teman saya bertanya pada saya: “Buku ini bagus gak?”

214-emak-emak-jago-jualan-va-330x0
EEJJ versi baru

Langsung saya jawab: “Oh, jelas, sangat bagus! Terutama untuk pemula. Cocik lah!”

 

Apa itu buku Emak Emak Jago jualan

Buku EEJJ ini ditulis oleh Muri Handayani. Bukunya berisi tentang kisah inspirasi dan hal teknis seputar jualan online yang sepele tapi efektif untuk berjualan. Di awal sampai pertengahan buku, akan diisi dengan cerita dan kisah inspiratif dari Muri Handayani maupun beberapa cerita dari orang lain tentang sekolah bisnis online yang didirikan oleh Muri Handayani. Apakah buku ini berisi soft selling dari Muri Handayani? Jelas iya, lah si penulis juga mengakui hal tersebut.

Beberapa kisah inspiratif tersebut garis besarnya cuma satu: Bahwa sebagai emak-emak, kita (emak emak maksudnya) juga bisa berdaya dengan bekerja di rumah sambil mengurus anak, rumah dan suami. Jangan sampai suami dan istri terpaksa bekerja keluar rumah, dan malah kurang memperhatikan anak. Jika suami istri bekerja di luar rumah, berapa waktu yang mereka berikan untuk si anak? Pasti di bawah durasi yang mereka berikan untuk kantor mereka (belum termasuk waktu berangkat dan pulang kerja). So, anak seakan menjadi no 2 setelah kantor.

Di buku inipun akan dijelaskan beberapa hal teknis jualan yang sangat sepele tapi efektif, dan (saat itu) tidak banyak terpikirkan oleh para pemain Internet Marketing cowok. Ya, metodenya sungguh emak-emak banget!

Jika kamu berharap akan banyak penjelasan hal teknis yang canggih di buku ini, maka kamu salah. Metode teknis yang ada sangat sederhana dan jauh dari kesan hi tech. Hal yang bisa dilakukan semua orang (Emak emak maupun bapak bapak). Dalam hal ini, teknik yang diterapkan di Instagram ini, konon cukup membuat pihak IG agak kesulitan menyesuaikan algoritma mereka. Karena metode yang dilakukan tidak melanggar aturan dari IG. Metode ini biasa disebut LFL (Like For Like), atau dalam bahasa emak-emak adalah arisan like.

Metodenya sepele, para penjual di IG berkumpul di LINE membentuk grup arisan like. Nanti, setiap anggota arisan like akan saling me-like postingan dari member lain dalam jangka waktu tertentu, sudah gitu aja. Efeknya, postingan yang baru di posting beberapa jam pun bisa langsung dapat ratusan like dari sesama anggota arisan. Karena waktu like yang bervariatif (sesempatnya para anggota arisan), tentu hal ini terlihat natural bagi robot IG. Hal ini cukup bisa mengimbangi postingan via IG ads dan juga para seleb gram.

Apakah caranya manual?
Ya, caranya manual satu persatu.
Capek?
Iya, capek.

Dan untungnya ada satu developer apps yang jeli melihat hal ini dan membuat sebuah aplikasi untuk arisan like secara otomatis. Aplikasi ini akan melike postingan dari user IG tertentu, sangat tertarget. Aplikasi tersebut bernama ISSIGRAM (cari saja di Play Store).

issi
aplikasi “wajib” untuk arisan like (LFL) di android.

Gunakan kode voucher: ABEE5FE25D untuk mendapat diskon 40%

 

Gaya Bahasa Yang Emak Emak Banget!

Nah, ini faktor yang penting dalam penulisan sebuah buku: gaya bahasa. Pada buku ini, si penulis menulis buku ini dengan gaya bahasa yang sangat emak emak banget! Buku ini jadi terasa enak dan mudah diikuti. Terlebih mbak Muri juga menceritakan dari sudut pandang emak-emak yang gak begitu fasih dengan teknologi. Kalau kamu cukup fasih dengan hal teknis, kamu cukup membaca untuk memahami prinsip dasar saja, tanpa perlu membaca penjelasan bagian teknisnya (bahasanya awam banget).

Dari awal sampai akhir, gaya bahasa emak emak ini membuat isi buku mudah dicerna oleh semua orang, dan tak terasa akan membuat anda membaca buku ini sampai selesai karena enak dan renyahnya gaya bahasa yang ada.

Di buku ini mbak Muri mengakui sendiri kalau dia juga ada soft selling produk punya dia dan kelas mentoring yang dia dirikan. Nah, kamu bisa mempelajari gaya bahasa yang digunakan, sangat halus dan terasa tidak memaksa seperti layaknya sales asuransi atau kartu kredit.

 

Kesimpulan

Buku ini sangat layak dibaca bagi siapapun (terutama pemula) yang ingin terjun ke dunia internet marketing (terutama IG). Kisah inspirasi yang dibagikan juga menarik dan membuka pikiran, disertai hal teknis yang sangat sederhana dan mudah dimengerti. Maka, kamu wajib baca buku ini (entah beli atau pinjam).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s