Pengakuan Driver Grab: Main Jujur Kena Suspend, Main Nakal Sekalian!

Tulisan ini saya rangkum dari cerita beberapa pelaku ojek dan taxi online, yang sebagian adalah teman saya sendiri. Tak ada tendensi apapun dalam tulisan ini, hanya ingin bercerita sisi lain fenomena transportasi online. Selamat membaca 🙂

Perawakannya tak banyak berubah dari setahunan yang lalu saat saya terakhir bertemu dengan dia. Seorang teman yang beberapa bulan terakhir “nyambi” jadi driver taxi online. Dari perjumpaan tersebut, banyak cerita seru dan lucu yang saya dapatkan soal transportasi online. Nah, yang paling menarik adalah cara “nakal” yang dipakai temen saya (juga driver lainnya). Hal itu ada yang memang sengaja dari awal, ada juga yang karena keadaan. Baik Gojek, Grab dan Uber kadang melakukan suspend akun tanpa alasan yang jelas dan rasional (ya iyalah, suka-sula yang bikin apps).

Main bersih dan jujur kok kena suspend tanpa alasan yang jelas. Ya sudah, main nakal sekalian

Kurang lebih itulah alasan yang saya dengar dari beberapa teman yang main sebagai ojol atau taxol. Hal itu saya dengar dari para driver Gojek dan Grab (kalau Uber, kebetulan saya belum ada kenalan driver Uber).

Seorang teman Gojek bercerita, kalau ada penumpang memberi rating buruk, langsung mendapat perhatian dari Gojek, tidak peduli rasionya 50 baik 1 buruk. Mau ratingnya tinggi sekalipun teta bisa suspend hanya karena 1 laporan buruk. Tiap penumpang tentu punya karakter berbeda dan mood yang berbeda-beda, macam tebak buah manggis lah….

Bagaimana cara “nakal” mereka? Berikut beberapa trik yang umum terjadi:

01. Main di semua kubu

Menurut aturan standar, tiap driver dilarang merangkap jadi driver layanan sebelah. Nah, hal ini bisa diakali dengan menggunakan 3 HP berbeda. Tiap HP hanya untuk 1 akun ojol/taxol. Apa cara ini bisa ketahuan? Jelas bisa, jika mainnya tidak bersih. Salah satu cara main bersihnya adalah, jangan terlalu sering mengaktif dan non aktifkan aplikasi driver yang dipakai.

Misal, teman saya selalu menghidupkan Gojek dan Grab di awal hari. Nanti mana yang ada order duluan akan aktif sampai siang hari (yang apps satu dimatikan). Nanti kalau yang tadi diaktifkan kok ramai, maka dia akan terus menon aktifkan layanan satunya sampai selesai narik. Kalau sepi? Siang hari di aktifkan lahi layanan satunya, dan melakukan skema di atas. Cara ini tentu sangat natural, karena jeda aktif dan non aktifnya sangat panjang (dari kacamata normal, seakan si driver sedang ga ingin narik).

02. Lapor duluan ke CS kalau ada penumpang rempong

Cara ini diceritakan salah seorang driver Gojek. Seperti saya tulis di atas, karakter penumpang bermacam-macam, ada yang santai, friendly, ada juga yang rempong dan super iyik dan banyak maunya (mungkin sedang bad mood). Jalan santai diprotes karena lambat, jalan cepat dikit diprotes ugal-ugalan (curhat teman saya). Daripada kena masalah, lapor saja langsung ke CS ojol/taxol untuk menjelaskan situasi yang ada (sekalian antisipasi kalao si penumpang rempong ternyata mengadu).

03. Main “tembak sana tembak sini”

Ini trik untuk menaikan level demi mencapai bonus. Caranya dengan membuat order fiktif di hape berbeda. Jika dulu order fiktif bisa ketahuan kalau memakai pemalsu posisi GPS, sekarang memakai cara yang lebih natural. Dengan meminta bantuan orang lain (teman, orang lewat, penumpang dll) untuk membuat order dari HP orang tersebut. Lalu, si driver akan mengambil order tersebut dan “mengantarkan” ke tempat tujuan. Cara ini seperti saat kita memesan ojol/taxol untuk mengantarkan teman kita yang tidak punya aplikasi ojol/taxol.

Nah, demikian secuil cerita cara “nakal” driver ojol/taxol. Hal ini sepertinya sudah menjadi rahasia umum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s